Trik dan Tips Menghadapi Ujian Nasional 2013

1.  AWAL MASUK KELAS IX
  1. Kumpulkan semua buku kelas VII dan kelas VIII dan disusun berdasarkan prioritas yaitu antara lain : Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pelajaran Lainnya.
  2. Satu bulan pertama di kelas IX targetkan untuk mengulang teori dan pembahasan soal-soal kelas VII semester I. Tentunya tanpa mengabaikan materi kelas IX yang sedang dihadapi.
  3. Satu bulan kedua di kelas IX targetkan materi kelas VII semester II. Kemudian bulan berikutnya materi kelas VIII semester I, dan bulan berikutnya materi kelas VIII semester II.
  4. Jika ada materi yang belum dimengerti , tandailah dan tanyakanlah pada guru di sekolah atau guru bimbel yang diikuti.
  5. Jika ada program pendalaman materi Ujian Nasional di sekolah, baik yang dilakukan oleh guru sekolah dan atau Bimbel yang kerjasama dengan sekolah, sebaiknya diikuti sebagai ajang latihan. Jangan menganggap remeh program pendalaman materi UJIAN NASIONAL tersebut.
  6. Kerjakan soal-soal Ujian Nasional 5 tahun terakhir, serta prediksi Ujian Nasional yang sudah disesuaikan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
  7. Selama mengerjakan soal Ujian Nasional 5 tahun terakhir tersebut hindari melihat pembahasannya. Bahaslah dengan dasar yang didapat dari buku catatan kita sendiri.
  8. Ikutlah Try Out Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh sekolah atau bimbel.
2.  SEHARI SEBELUM UJIAN NASIONAL
  1. Siapkan alat-alat tulis yang berhubungan dengan Ujian Nasional (Pensil 2B, Bolpoin, Karet Penghapus, Peraut Pensil). Jika ingin menggunakan alat tulis untuk pengisian LJK harap meminta izin dahulu kepada pengawas. Jangan sekali-kali membawa kalkulator dan alat hitung lainnya.
  2. Jangan lupa juga siapkan kartu peserta Ujian Nasional yang sudah di fotokopy dulu. Kartu asli dibawa sedangkan foto kopynya disimpan di rumah (untuk darurat jika kartu peserta asli hilang).
  3. Jangan terlalu malam belajar karena hanya akan mengganggu proses berpikir ketika Ujian sedang berlangsung (misalnya ngantuk atau malah tidur).
  4. Bacalah ringkasan pelajaran yang akan diujikan.
  5. Beribadalah untuk keberkahan dalam mengerjakan Ujian Nasional.
  6. Tidurlah yang cukup dan jangan lupa pasang alarm pengingat.
3.  SAAT UJIAN NASIONAL
  1. Bangun pagi dan jangan lupa beribadah (shalat). Mulailah hari itu dengan penuh optimis
  2. Mandi dan makan seperti biasa sehari-harinya. Jangan menganggap hari itu adalah hari yang sangat istimewa.
  3. Pakailah seragam sesuai yang diatur oleh sekolah.
  4. Saat berangkat jangan lupa cium tangan orang tua dan memohon doa restu, karena doa orang tua terhadap anaknya diijabah oleh Allah SWT.
  5. Sesampai di sekolah jangan terpengaruh oleh pembicaraan teman-teman yang pesimis. Karena seorang pesimis selalu melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. Bersikaplah tenang dan tetap mengulang-ulang hafalan untuk pelajaran yang akan diujiankan.
  6. Kerjakanlah soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Dan jangan panik ketika mendapati soal pada halaman pertama tidak ada yang bisa dikerjakan karena sulitnya. Mungkin di halaman lain ada yang lebih mudah.
  7. Ingat untuk mata pelajaran Matematika lama ujian adalah 120 menit untuk 30 soal. Berarti setiap soal “jatahnya” hanya 4 menit. Semuanya mulai dari membaca, mengerjakan dan mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK).
  8. Agar tidak banyak waktu yang terbuang biasakan setiap halaman yang kita kerjakan jawabannya baru dipindahkan ke LJK. Jika ada soal yang belum bisa dijawab sebaiknya ditandai untuk dikerjakan kemudian.
  9. Ikuti prosedur Ujian Nasional dengan sebenar-benarnya.
  10. Setelah selesai yakinkan agar semua jawaban sudah dipindahkan ke LJK. Disarankan semua soal diisi jawabannya, karena dalam Ujian Nasional tidak ada system minus untuk jawaban yang salah.
  11. Setelah keluar dari ruang Ujian Nasional jangan sekali-kali membahas soal yang tadi dikerjakan. Karena belum tentu teman yang membahas soal menjawab dengan benar.
  12. Siapkan diri kita untuk Ujian besok sama seperi kita menyiapkan Ujian ini.
  13. Sesudah selesai semua Ujian kita kembalikan seluruh urusan kepada Yang Maha Kuasa (tawakal) karena itulah hal maksimal yang sudah kita kerjakan.
  14. Semoga kalian berhasil dalam menempuh Ujian dan LULUS 100%, Amin.....
Sumber: Televisi Edukasi (TVE)
Artikel Terkait
•  Bridging Course Pasca Penerimaan Peserta Didik Baru
•  Pengertian dan Contoh Abstrak
•  Teknik Penulisan Daftar Pustaka (Bagian 1)
•  Teknik Penulisan Daftar Pustaka (Bagian 2)
•  Meningkatkan Peranan BK dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
•  Paradigma Baru Pendidikan Nasional
•  Kinerja Pengawas Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
•  Pengelolaan Kelas Berbasis Pendidikan Karakter
•  Multiperan Guru Sebagai Pendidik
•  Sosok Guru Ideal dalam Pandangan Siswa
•  Eksistensi "Guru Sufi" di Dunia Pendidikan
•  Merumuskan Aspek EQ dan SQ dalam Tujuan Pembelajaran
•  Potret Gaya Mengajar Guru
•  Malpraktik di Dunia Pendidikan
•  Introspeksi di Hari Pertama Sekolah (Upaya Meningkatkan EQ Siswa)
krisna shane sipahutar mengatakan...

TIPS yang luar biasa , makasih ya om atas tips nya :)

SLAMET RENDIANTO (RENDI7X) mengatakan...

Tgl 22 saya U.N. Semoga semua Lulus 100% dgn nilai yg amat sangat bagus. Amin Ya ALLAH.

Anonim mengatakan...

Tgl 22 APRIL 2013 saya U.N. Semoga semua Lulus 100% dgn nilai yg amat sangat bagus. Amin Ya ALLAH.

Tuan Guru mengatakan...

Amin !

M. Nafis Hamas mengatakan...

Makasih tipsnya. maaf koreksi itu mtk 40 soal jadi "jathnya" 3 menit. Mohon do'a agar angkatan saya, angkatan 12 NFBS, lulus 100% dan berhasil melewati target, 8,50.Amin.Makasih

Tuan Guru mengatakan...

Amin. Makasih masukannya

Poskan Komentar