Penilaian Kompetensi Pedagogik; Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik

Penilaian kompetensi pedagogik pada sub kompetensi 2; Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dilakukan melalui pengamatan. Dalam hal ini guru diharapkan dapat menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru. Guru menyesuaikan metode pembelajaran supaya sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memotivasi mereka untuk belajar.
Indikator:
  1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
  2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
  3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
  4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
  5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
  6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
Proses penilaian kompetensi pedagogik; Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik dapat dibagi atas 3 tahap:
1.  Sebelum Pengamatan
  1. Mintalah RPP pada guru dan periksalah RPP tersebut. Pilihlah satu topik pembelajaran tertentu. Tanyakan bagaimana strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, seberapa penting tujuan pembelajaran tersebut, dan bagaimana kaitannya dengan tujuan pembelajaran sebelumnya.
  2. Tanyakan seberapa jauh kegiatan atau aktivitas pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai dengan usia, kesiapan belajar, tingkat pembelajaran, dan cara belajar pserta didik.
  3. Tanyakan alasan yang melatar belakangi penyusunan rencana kegiatan atau rencana aktivitas dalam RPP.
2.  Selama Pengamatan
  1. Amati apakah guru melaksanakan aktivitas pembelajaran secara bervariasi.
  2. Amati  apakah  guru  memberi  kesempatan  kepada  semua  peserta  didik  untuk  menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya.
  3. Amati apakah guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat  pemahaman tersebut.
  4. Amati  apakah  guru  memanfaatkan  berbagai  teknik  untuk  memberikan  motivasi  kemauan belajar peserta didik melalui pemanfaatan berbagai teknik pembelajaran.
  5. Amati bagaimana guru menghubungkan hal-hal baru dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik.
  6. Amati bagaimana kegiatan yang dilaksanakan dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  7. Amati bagaimana guru menanggapi respon peserta didik terhadap materi yang sedang diajarkan.
3.  Setelah pengamatan
  1. Pilihlah satu aktivitas guru di kelas (yang diamati pada saat pengamatan) yang sesuai dengan rencana pembelajaran. Tanyakan mengapa guru melaksanakan aktivitas tersebut dan bagaimana kaitannya dengan tujuan pembelajaran.
  2. Pilihlah satu aktivitas di kelas (yang diamati pada saat pengamatan) yang dilaksanakan berbeda dari rencana pembelajaran. Tanyakan mengapa guru mengubah pelaksanaan pembelajaran menjadi sangat berbeda dengan rencana semula. Tanyakan pula apakah pengubahan tersebut terkait dengan keberhasilan pembelajaran.
Demikianlah prosedur penilaian kompetensi pedagogik: Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Semoga bermanfaat dalam rangka menghadapi Penilaian Kinerja Guru (PKG) tahun 2013 yang akan datang.
Artikel Terkait
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Pengembangan Kurikulum
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Memahami dan Mengembangkan Potensi
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Komunikasi dengan Peserta Didik
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Penilaian dan Evaluasi
•  Penilaian Kompetensi Kepribadian; Bertindak Sesuai dengan Norma
•  Penilaian Kompetensi Kepribadian; Menunjukkan Pribadi yang Dewasa dan Teladan
•  Penilaian Kompetensi Kepribadian; Etos Kerja, Tanggung Jawab, Rasa Bangga Menjadi Guru
•  Penilaian Kompetensi Sosial; Bersikap Inklusif, Obyektif, Serta Tidak Diskriminatif
•  Penilaian Kompetensi Sosial; Komunikasi dengan Sesama Guru, Orang Tua, dan Masyarakat
•  Penilaian Kompetensi Profesional; Penguasaan Materi, Struktur, Konsep, dan Pola Pikir
•  Penilaian Kompetensi Profesional; Mengembangkan Keprofesian Melalui Tindakan Reflektif
•  Kriteria Penilai PKG
•  Konversi Nilai PKG Tugas Tambahan yang Relevan dengan Fungsi Sekolah
•  Pengertian Penilaian Kinerja Guru

Poskan Komentar