Penilaian Kinerja Guru BK; Menguasai Konsep dan Praksis Penilaian (Assessment) untuk Memahami Kondisi, Kebutuhan, dan Masalah Konseli

Penilaian kinerja guru BK pada kompetensi profesional (sub kompetensi 11); Menguasai konsep dan praksis penilaian (assessment) untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli dilakukan melalui pemantauan. Dalam hal ini guru BK diharapkan mampu mendeskripsikan hakikat asesmen untuk keperluan pelayanan konseling, memilih teknik penilaian sesuai dengan kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling, menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian untuk keperluan bimbingan dan konseling, mengadministrasikan asesmen untuk mengungkapkan masalah-masalah peserta didik, memilih dan mengadministrasikan teknik penilaian pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi peserta didik, memilih dan mengadministrasikan instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual peserta didik berkaitan dengan lingkungan, mengakses data dokumentasi tentang peserta didik dalam pelayanan bimbingan dan konseling, menggunakan hasil penilaian dalam pelayanan bimbingan dan konseling dengan tepat, menampilkan tanggung jawab profesional dalam praktik penilaian.
Indikator kompetensi:
  1. Guru BK/Konselor dapat mengembangkan instrumen nontes (pedoman wawancara, angket, atau format lainnya) untuk keperluan pelayanan BK
  2. Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan instrumen nontes untuk mengungkapkan kondisi aktual peserta didik/konseli berkaitan dengan lingkungan.
  3. Guru BK/Konselor dapat mendeskripsikan penilaian yang digunakan dalam pelayanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik/konseli.
  4. Guru BK/Konselor dapat memilih jenis penilaian (Instrumen Tugas Perkembangan/ITP, Alat Ungkap Masalah/AUM, Daftar Cek Masalah/DCM, atau instrumen non tes lainnya) yang sesuai dengan kebutuhan layanan bimbingan dan konseling.
  5. Guru BK/Konselor dapat mengadministrasikan penilaian (merencanakan, melaksanakan, mengolah data) untuk mengungkapkan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi peserta didik/konseli.
  6. Guru BK/Konselor dapat mengadministrasikan penilaian (merencanakan, melaksanakan, mengolah data) untuk mengungkapkan masalah peserta didik/konseli (data catatan pribadi, kemampuan akademik, hasil evaluasi belajar, dan hasil psikotes).
  7. Guru BK/Konselor dapat menampilkan tanggung jawab profesional sesuai dengan azas BK (misalnya kerahasiaan, keterbukaan, kemutakhiran, dll.) dalam praktik penilaian.
Proses penilaian melalui pemantauan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Penilai meminta guru BK/Konselor untuk menyediakan instrumen nontes yang telah dikembangkan sesuai kebutuhan pelayanan BK.
  2. Penilai meminta guru BK/Konselor untuk menjelaskan pengaplikasian instrumen nontes tersebut dalam mengungkapkan kondisi aktual peserta didik/konseli berkaitan dengan lingkungan.
  3. Penilai meminta guru BK/Konselor untuk menjelaskan penilaian yang digunakan dalam pelayanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik/konseli.
  4. Penilai meminta guru BK/Konselor untuk menyediakan jenis penilaian yang dipilih sesuai dengan kebutuhan layanan bimbingan dan konseling.
  5. Penilai meminta guru BK/Konselor untuk menyediakan hasil penilaian tentang pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi peserta didik/konseli.
  6. Penilai meminta guru BK/Konselor untuk menyediakan hasil pendukung penilaian  seperti data catatan pribadi peserta didik/konseli, kemampuan akademik/hasil evaluasi belajar, hasil psikotes, dan lain-lain.
  7. Penilai meminta guru BK/Konselor untuk menjelaskan penggunaan azas BK sebagai tanggungjawab professional.
Artikel Terkait
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Menguasai Teori dan Praksis Pendidikan
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Mengaplikasikan Perkembangan Fisiologis & Psikologis
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Menguasai Esensi Layanan BK
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Beriman dan Bertaqwa
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Menghargai Nilai-nilai Kemanusiaan
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Menunjukkan Integritas & Stabilitas Kepribadian
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Menampilkan Kinerja Berkualitas Tinggi
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Mengimplementasikan Kolaborasi Internal
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Berperan dalam Organisasi & Kegiatan Profesi
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Mengimplementasikan Kolaborasi Antarprofesi
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Menguasai Kerangka Teoretik dan Praksis BK
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Merancang Program BK
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Mengimplementasikan Program BK yang Komprehensif
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Menilai Proses dan Hasil Kegiatan BK
•  Penilaian Kinerja Guru BK; Memiliki Kesadaran dan Komitmen

Poskan Komentar