Langkah-langkah Pembelajaran Kreatif dan Produktif

Prosedur pembelajaran kreatif dan produktif dapat dibagi menjadi 4 (empat) langkah, yaitu orientasi, eksplorasi, interpretasi, dan re-kreasi. Setiap langkah dapat dikembangkan lebih lanjut oleh para guru, dengan berpedoman pada hakikat setiap langkah, sebagai berikut:
1.  Orientasi
Sebagaimana halnya dalam setiap pembelajaran, kegiatan senantiasa diawali dengan orientasi untuk mengkomunikasikan garis besar tugas (termasuk tujuan, materi, kegiatan) dan penilaian yang akan diterapkan, serta terciptanya kesepakatan antara pendidik dan peserta didik dalam pengimplementasiannya.
2.  Eksplorasi
Pada tahap ini, dilakukan berbagai cara seperti mencari dan membaca buku sumber, melakukan observasi, wawancara, percobaan dan sebagainya. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok sesuai kesepakatan pada orientasi. Waktunya disesuaikan dengan luasnya bidang yang harus dieksplorasi. Jika memerlukan waktu lama, dikerjakan di luar jam tatap muka. Agar lebih terarah, sebaiknya ada panduan yang memuat tentang tujuan, materi, waktu,cara kerja, dan hasil akhir yang diharapkan.
3.  Interpretasi
Tahap interpretasi, hasil ekplorasi diinterpretasikan melalui kegiatan analisis, diskusi, tanya jawab, kemudian dirumuskan konsepnya dan disajikan pemehamannya di depan kelas dan ditanggapi oleh peserta didik lainnya.
4.  Re-kreasi
Pada tahap re-kreasi, dibuat suatu simpulan sebagai hasil ciptaan dari pemahaman terhadap konsep/topik/masalah yang dikaji menurut kreasinya masing-masing. re-kreasi dapat dilakukan secara individu atau kelompok seuai pilihannya masing-masing. Hasil re-kreasi merupakan produk kreatif yang dapat ditampilkan, dipresentasikan, dipajang/dipublikasikan atau ditindaklanjuti.
Sumber:
Penyelenggara Sertifikasi Guru Rayon 1 24. 2012. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Ilmu Pengetahuan Sosial. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Poskan Komentar