Ajaran Guru Sufi; ‘Amr bin Utsman al-Makki

Al-Makki adalah seorang guru sufi terkenal dan penulis kitab al-Musyahadah (Renungan) dan kitab al-Mahabbah (Cinta). Penjelasan Al-Makki tentang sufisme:
Tuhan menciptakan kalbu tujuh ribu tahun sebelum jasad dan menjaganya dalam persinggahan kedekatan (qurb) dengan Diri-Nya dan Dia ciptakan ruh tujuh ribu tahun sebelum kalbu dan menjaganya di taman keintiman yang akrab (uns) dengan Diri-Nya, dan kesadaran – bagian paling dalam – Dia ciptakan tujuh ribu tahun sebelum ruh dan menjaganya dalam derajat kesatuan (washl) dengan Diri-Nya. Dia memenjarakan kesadaran ini dalam ruh dan ruh dalam kalbu dan kalbu dalam jasad. Lalu Dia menguji mereka – dengn mengirim para Rasul – dan kemudian masing-masing mulai mencari persinggahannya sendiri. Jasad memenuhi diri dengan doa, kalbu mengejar cinta, ruh sampai pada kedekatannya dengan Tuhan dan bagian terdalam menemukan istirahat dalam penyatuan dengan-Nya.
Kalbu kaum arifin tak henti-hentinya merenungkan Tuhan dan dengan pasti mereka melihat Tuhan dalam segala hal dan segala sesuatu yang ada dalam diri-Nya. Dia hadir dalam perenungan mereka dan mereka menghilang (dalam ruh) ketika hadir (dalam jasad), dan hadir ketika hilang, karena mereka berdiam menyendiri bersama Tuhan, apakah mereka ada atau hilang, dan mereka merenungkan Dia semata dengan terbuka dan diam-diam dan begitulah seterusnya.

Poskan Komentar