Pengertian Sejarah

Sejarah berasal dari kata Arab (شجرة: syajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Sedangkan kata tarikh dalam bahasa Indonesia dapat diartikan waktu atau penanggalan.
Secara etimologis dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Umumnya sejarah atau ilmu sejarah diartikan sebagai informasi mengenai kejadian yang sudah lampau.
Sejarah dalam pengertian terminologi dapat dikemukakan berdasarkan pendapat para ahli, sebagaimana diuraikan di bawah ini:
Moh. Yamin
Sejarah adalah ilmu pengetahuan dengan umumnya yang berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penfsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau tanda-tanda yang lain.
Koentowidjojo
Sejarah adalah rekonstruksi masa lalu tentang apa yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan dan dialami manusia.
Moh. Ali
Sejarah adalah berbagai bentuk penggambaran tentang pengalaman kolektif di masa lampau.
Sartono Kartodirdjo
Sejarah adalah berbagai bentuk penggambaran tentang pengalaman kolektif di masa lampau.
Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.
Taufik Abdullah
Sejarah adalah kejadian masa lampau dan cerita tentang kejadian itu.
W.J.S. Poerwadarminta
Dalam ”Kamus Umum Bahasa Indonesia”  Poerwadarminta mengutarakan 3 pengertian, yaitu:
Sejarah adalah kesustraan lama, silsilah, dan asal-usul.
Sejarah adalah kejadian dan perisiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
Sejarah adalah ilmu pengetahuan tentang masa lampau.
Drs. Sidi Gazalba
Sejarah sebagai masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang berlaku.
Ibnu Khaldun
Dalam bukunya yang berjudul "Muqaddimah", Ibnu Khldun mendefisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat.
Muthahhari
Ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu:
  1. Sejarah tradisional (tarikh naqli) adalah pengetahuan tentang kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.
  2. Sejarah ilmiah (tarikh ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melaluipendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau.
  3. Filsafat sejarah (tarikh falsafi), yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.
Nehru
Sejarah merupakan kisah tentang perjuangan manusia sepanjang masa dalam menghadapi alam dan unsur-unsurnya; melawan binatang buasa dan hutan belantara dan sebagian manusia lainnya yang dengan berbagai cara berusaha menguasai alam dan mengeksploitasinya demi kepentingannya sendiri.
Aristoteles
Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Menurut beliau juga sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.
Herodotus
Sejarah ialah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.
Burckhardt
Sejarah merupakan catatan tentang suatu masa yang ditemukan dan dipandang bermanfaat oleh generasi dari zaman yang lain.
Miller
Catatan perjalanan hidup manusia bagaikan samudera; orang datang dan pergi, mengisahkan perkembangan dan kejatuhan, dan itulah yang disebut sejarah.
Marc Bloch
Sejarah merupakan ilmu tentang manusia dalam lingkup waktu.
H.G. Wells
Sejarah manusia sebetulnya merupakan sejarah tentang gagasan.
E.H. Carr
Sejarah merupakan dialog tanpa akhir antara masa sekarang dan masa lampau.
Johnson
Sejarah dalam pengertiannya yang paling luas adalah segala sesuatu yang pernah terjadi … sejarah dalam arti yang diterima secara umum adalah sejarah tentang manusia.
J.V. Bryce
Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
R. G. Collingwood
Sejarah ialah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.
Patrick Gardiner
Sejarah sebagai ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
Shefer
Sejarah adalah peristiwa yang telah lalu dan benar-benar terjadi.
Robert V. Daniels
Sejarah adalah memori pengalaman manusia.
J. Banks
Semua peristiwa masa lalu adalah sejarah (sejarah sebagai aktualitas). Sejarah dapat membantu siswa untuk memahami perilaku manusia dalam, tujuan masa kini dan masa depan yang baru (untuk studi sejarah).
W.H. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.
Patrick Gardiner
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
Sumber:
Ali, R. Moh. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LKiS
Khaldun, Ibn. 2000. Muqaddimah. Penerjemah Ahmadie Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus
Kochhar. 2008. Pembelajaran Sejarah-Teaching of History. Diterjemahkan oleh Drs. H. Purwanta, M.A. dan Yovita Hardiwati. Jakarta: PT. Gransindo.
Muthahhari. 2009. Menguak Masa Depan Umat Manusia. Bandung: Pustaka Hidayah
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah. diakses tanggal 6 Juni 2012.
Artikel Terkait dengan Sejarah
•  Pengertian Humanisme
•  Awal Perkembangan Islam di Cina
•  Korte Verklaring (Perjanjian Pendek)
•  Peranan Pemuda dalam Sejarah Perjuangan Bangsa
•  Asas dan Bentuk Perjuangan Organisasi Perhimpunan Indonesia
•  Sejarah Singkat Sumpah Pemuda
•  Proses Terbentuknya PPKI
•  Pengertian Renaissance
•  Proses Rasionalisasi dan Reorganisasi Angkatan Perang RI
•  Code Napoleon
•  Continental Stelsel
•  Italia La Prima
•  Wilson's Fourteen Points
•  Perjanjian Versailles
•  Italia Irredenta
motivator indonesia mengatakan...

terima kasih atas informasi yang telah di berikan

Anonim mengatakan...

thank ataz infonya

Poskan Komentar